Tips dan Obat Mual Muntah Alami

Apakah Anda sering merasa mual dan muntah? Saat hal tersebut terjadi, otak (dan bukan perut) memerintahkan tubuh untuk muntah. Muntah sering merupakan cara tubuh dalam mengeluarkan zat-zat yang terkontaminasi. Mungkin pula diri Anda merasa mual namun tidak muntah. Meskipun dalam banyak kasus, mual akan hilang setelah seseorang muntah. Tidak peduli mabuk perjalanan, terlalu banyak meminum alkohol, ataupun penyebab lain, obat mual muntah bersifat universal, dalam artian dapat diatasi dengan cara yang sama, tidak peduli penyebabnya. Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mual dan muntah.

Umumnya, perawatan mual dan muntah yang tidak serius berupa obat mual muntah OTC (over the counter) yang tidak membutuhkan resep dokter dan banyak tersedia di apotek. Anda juga bisa melakukan “home remedies” berikut ini, seperti:

  • Menarik napas dalam-dalam

Tariklah napas dalam-dalam dan rasakan udara masuk melalui hidung dan mengisi paru-paru. Perut Anda akan mengembang saat menarik napas. Keluarkan udara dengan perlahan lewat mulut atau hidung dan buat perut dalam posisi santai setiap tarikan napas. Ulangi aktivitas ini beberapa kali. Penelitian menunjukkan bahwa menarik napas dengan dalam dan terkontrol akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Hal tersebut mampu membantu menjaga respons biologis yang menyebabkan mabuk perjalanan. Menarik napas dalam-dalam juga dapat menenangkan kecemasan yang dapat terjadi saat Anda sakit.

  • Makan kerupuk

Siapa sangka makan kerupuk bisa jadi obat mual muntah di pagi hari. Dipercaya bahwa kerupuk dapat menyerap asam lambung. Apabila Anda dan mual saat bangun pagi, cobalah makan beberapa kerupuk 15 menit sebelum bangun dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Makanan hambar lain yang bisa mengatasi mual dan muntah adalah roti panggang dan nasi putih.

  • Acupressure pergelangan tangan

Acupressure merupakan perawatan medis tradisional Cina yang populer. Tindakan ini menggunakan tekanan untuk menstimulasi beberapa titik tertentu pada tubuh untuk meringangkan gejala mual dan muntah yang dirasakan. Dengan memberikan tekanan pada titik tekan “Neiguan (P6)”, sebuah titik pada sisi telapak tangan di dekat pergelangan tangan, dapat membantu mengatasi mual dan muntah.

  • Minum banyak air

Apabila Anda sering muntah, sangat penting untuk minum cukup air guna mencegah dehidrasi, meskipun nantinya Anda mungkin akan memuntahkannya kembali. Minum dengan perlahan dan jangan terlalu banyak, karena terlalu banyak minum air saat sakit perut malah akan membuat Anda muntah. Cairan yang baik untuk menjaga Anda tetap terhidrasi dan dapat mengatasi mual seperti teh mint, air lemon, air putih, dan ginger ale. Anda juga bisa mengisap es batu agar tetap terus terhidrasi sepanjang hari.

  • Aromaterapi

Aromaterapi dipercaya dapat membantu meringankan gejala mual dan muntah, meskipun belum ada bukti konklusif akan keefektivan terapi tersebut. Menurut sebuah studi tahun 2014, menghirup minyak lemon dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh kehamilan. Untuk mempraktikkan aromaterapi, hirup napas dalam-dalam dengan ruangan yang beraroma minyak esensial (gunakan diffuser). Apabila Anda tidak memiliki diffuser dan minyak esensial, potong buah lemon yang segar dan hirup aromanya. Aroma lain yang dapat dijadikan sebagai obat mual muntah adalah cengkih, lavender, mawar, peppermint, dan chamomile.

Selain cara-cara alami di atas, obat mual muntah OTC juga dapat mengatasi mual dan muntah. Obat seperti pepto-bismol dan kaopectate mengandung bismuth subsalicylate yang dapat melindungi dinding lambung dan mengurangi muntah yang disebabkan karena keracunan makanan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*