Tips Gigi Sehat, Pakai Produk DoCare

tips kesehatan gigi

Memiliki gigi yang sehat membutuhkan perawatan seumur hidup. Meskipun Anda diberitahu bahwa Anda memiliki gigi yang sehat, sangat penting untuk melakukan langkah yang tepat setiap hari untuk merawat gigi dan mencegah munculnya masalah gangguan kesehatan mulut. Untuk mencapai hal tersebut, langkah yang perlu dilibatkan di antaranya adalah mendapatkan produk perawatan mulut yang tepat di DoCare dan juga perhatikan kebiasaan sehari-hari Anda. Artikel ini akan membahas tentang tips apa saja yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan gigi yang sehat dan terawat.

Kunci utama memiliki mulut yang sehat, khususnya kesehatan gigi yang terawat adalah dengan memilih produk perawatan gigi tepat di DoCare sekaligus melakukan kebiasaan perawatan kesehatan mulut yang tepat. Hal-hal yang perlu Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Jangan tidur sebelum menyikat gigi terlebih dahulu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rekomendasi menyikat gigi setiap harinya adalah dua kali sehari. Namun, banyak orang masih sering tidak menyikat gigi pada malam hari, tepatnya sebelum tidur. Faktanya, menyikat gigi sebelum tidur dapat membantu membersihkan kuman dan plak yang menumpuk sepanjang hari. 

  • Sikat gigi dengan benar

Cara Anda menyikat gigi juga sama pentingnya. Faktanya, menyikat gigi dengan cara yang salah sama buruknya dengan tidak menyikatnya sama sekali. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin, gerakkan sikat gigi dengan lembut dan perlahan, gerakan memutar untuk membersihkan plak. Plak yang tidak dibersihkan akan mengeras, menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis (penyakit gusi). 

  • Jangan lupakan lidah

Plak juga dapat menumpuk pada permukaan lidah Anda. Tidak hanya hal ini dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, penumpukan plak di lidah dapat menyebabkan gangguan kesehatan mulut lainnya. Sikat dengan lembut lidah Anda setiap kali Anda menyikat gigi. 

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Saat kita membicarakan pasta gigi, ada elemen-elemen lain yang lebih penting untuk dicari selain kekuatan pemutih dan rasa. Tidak peduli versi mana yang Anda pilih, pastikan pasta gigi keluarga Anda mengandung fluoride. Fluoride merupakan pelindung utama dari gigi berlubang, dan bekerja dengan cara melawan kuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, sekaligus membentuk palang pelindung bagi gigi Anda. 

  • Flossing sama pentingnya dengan menyikat gigi

Banyak orang yang rutin menyikat gigi sering melupakan flossing. Tidak hanya penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, tetapi juga merupakan cara efektif dalam menstimulasi gusi, mengurangi plak, dan membantu mengurangi peradangan di area mulut. Flossing sekali dalam sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat tersebut. 

Flossing memang cukup sulit, terutama untuk anak-anak dan orang tua yang menderita kondisi khusus seperti arthritis. Namun, jangan menyerah. Carilah alat yang dapat membantu Anda untuk melakukan flossing. Dental flosser siap-digunakan di apotek dapat membantu Anda mengatasi kesulitan flossing. 

  • Minum lebih banyak air putih

Air putih merupakan minuman terbaik untuk kesehatan keseluruhan Anda, termasuk salah satunya adalah kesehatan mulut. Minumlah air setiap kali Anda makan. Air putih dapat membersihkan beberapa efek negatif dari makanan asam dan lengket. 

Selain dengan melakukan cara tersebut di atas dan menggunakan produk perawatan kesehatan mulut dari DoCare, Anda juga perlu dengan rutin mengunjungi dokter gigi setidaknya 2 kali dalam setahun. Dokter gigi akan membantu membersihkan calculus dan mencari tanda-tanda gigi berlubang. Dokter gigi juga dapat mencari potensi gangguan kesehatan mulut lainnya dan menyediakan solusi perawatan untuk mencegah komplikasi kesehatan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*