Titanium Dioksida, Terkandung dalam Tabir Surya dan Memberi Manfaat

Titanium Dioksida, Terkandung dalam Tabir Surya dan Memberi Manfaat

Titanium dioksida merupakan mineral alami yang seringkali ditambahkan pada berbagai produk industri. Zat ini bertujuan sebagai pigmen putih untuk beberapa produk seperti makanan, cat, kosmetik, serta tabir surya. Pada tabir surya, titanium dioksida akan bekerja di bagian luar kulit yang membantu menyerap dan melawan sinar matahari sehingga tidak masuk ke dalam epidermis. Sayangnya, titanium dioksida dilaporkan dapat merangsang produksi radikal bebas. Untuk mengatasi hal tersebut, produk seperti tabir surya dengan kandungan titanium dioksida akan diberi tambahan berupa zat alumina atau silika. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan sel tanpa menghilangkan efek untuk melindungi kulit dari sinar UV. 

Manfaat titanium dioksida pada tabir surya 

Berikut ini merupakan berbagai manfaat titanium dioksida pada tabir surya. 

  1. Cocok untuk digunakan kulit sensitif

Tabir surya tanpa titanium dioksida disebut sebagai chemical sunscreen dan cukup keras jika diaplikasikan pada kulit. Sedangkan tabir surya dengan kandungan titanium dioksida lebih lembut di kulit dan cocok digunakan kulit sensitif. 

  1. Melindungi kulit dari UV secara cepat

Pada penggunaan chemical sunscreen, dibutuhkan waktu 20 menit setelah dioleskan agar dapat bekerja dan perlu diaplikasikan berulang sebab tidak tahan lama. Sedangkan tabir surya dengan kandungan titanium dioksida akan melindungi kulit secara cepat bahkan langsung setelah diaplikasikan. Selain itu, tabir surya dengan kandungan titanium dioksida juga lebih tahan lama. 

  1. Tidak menimbulkan bekas putih

Penggunaan tabir surya dengan kandungan titanium dioksida cocok pada kulit gelap sebab tidak akan menyebabkan warna keabuan. Hal tersebut dikarenakan titanium dioksida memiliki partikel kecil sehingga tidak meninggalkan residu putih pada kulit. 

  1. Bersifat non comedogenic

Sifat non comedogenic artinya bahwa produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori pada kulit. Berbagai tabir surya dengan kandungan titanium dioksida bersifat non comedogenic sehingga bebas minyak. Dengan begitu, produk tersebut tidak akan menimbulkan jerawat ataupun komedo jika digunakan. 

Kegunaan dan manfaat lain titanium dioksida

Selain tabir surya, titanium dioksida akan ditambahkan dalam jumlah sedikit pada beberapa jenis makanan dan pada berbagai produk industri lainnya seperti lipstik, pasta gigi, salep, krim, dan serbuk. Berikut ini merupakan kegunaan dan manfaat titanium dioksida selain pada tabir surya. 

  1. Meningkatkan kualitas warna pada produk kecantikan

Titanium dioksida dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas warna produk perawatan dan kecantikan. Umumnya, titanium dioksida terdapat pada beberapa produk seperti tabir surya, bedak, pasta gigi, dan lipstik. 

  1. Memperbaiki kualitas warna putih pada makanan 

Khusus untuk makanan, titanium dioksida dapat ditambahkan untuk memperbaiki kualitas warna putih. Selain itu, titanium dioksida juga dapat meningkatkan opasitas warna makanan. Penggunaan untuk makanan hanya dalam jumlah kecil saja. Berbagai jenis makanan yang biasanya diberikan campuran titanium dioksida yaitu dekorasi kue, cokelat, krimer kopi, permen, pastry, dan permen karet. 

  1. Mengawetkan produk

Manfaat titanium dioksida yang pertama adalah membuat umur simpan suatu produk menjadi lebih lama. Untuk itu, titanium dioksida biasanya akan ditambahkan pada berbagai jenis makanan kemasan. Zat ini bahkan dapat ditambahkan pada buah-buahan yang menyebabkan proses pematangan menjadi terhambat sehingga buah dapat disimpan lebih lama. Hal tersebut terjadi karena titanium dioksida mengurangi produksi etilen pada buah.

Efek samping titanium dioksida

Risiko adanya efek samping titanium dioksida mungkin muncul meski hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang bahaya jangka panjangnya. Berbagai efek samping yang mungkin terjadi yaitu: 

  • Reaksi alergi seperti ruam, gatal, dan pusing. 
  • Iritasi pada mata. 
  • Stres oksidatif. 
  • Penumpukan zat pada organ tubuh. 
  • Risiko munculnya kanker.  

Ibu hamil dan menyusui perlu meminta pendapat dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi makanan tertentu. Kandungan titanium dioksida dapat berpotensi menimbulkan risiko efek samping yang lebih besar pada ibu hamil dan menyusui, orang dengan riwayat alergi obat tertentu, orang dengan penyakit tertentu, serta orang yang sedang mengonsumsi obat atau suplemen tertentu. Oleh karena itu, lakukan konsultasi gratis pada dokter mengenai titanium dioksida melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play.  

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*